PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
Definisi Media Pembelajaran, Media
berasal dari kata “Medium” yang berasal dari bahasa latin “Medius” yang berarti
“tengah” atau “sedang”. Pengertian media mengarah pada sesuatu yang
mengantar/meneruskan informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dan
penerima pesan (Latuheru, 1988:9).
Menurut
EACT yang dikutip oleh Rohani (1997 : 2) “media adalah segala bentuk yang
dipergunakan untuk proses penyaluran informasi”.Menurut McLuhan (dalam Sihkabuden, 1985:2) media merupakan
suatu sarana atau channel sebagai perantara antara pemberi pesan kepada
penerima pesan. Blacks dan Horalsen (dalam Sihkabuden, 1999:1) juga mempunyai
pendapat tentang media. Menurut mereka, media adalah saluran komunikasi atau
medium yang digunakan untuk membawa atau menyampaikan suatu pesan dimana medium
itu merupakan jalan atau alat dengan suatu pesan berjalan antara komunitor ke
komunikan image.
Dengan berpedoman pada pendapat di
atas maka dapat disimpulkan bahwa media adalah suatu alat atau sarana atau
perangkat. Dalam hal ini bisa berupa software atau hardware. Perangkat lunak
(software) berisi pesan atau informasi pendidikan yang biasanya disajikan
dengan menggunakan peralatan. Sedangkan peralatan atau perangkat keras
(hardware) sendiri merupakan sarana untuk dapat menampilkan pesan yang
terkandung.
Definisi pembelajaran dapat
diartikan sebagai upaya untuk membelajarkan pebelajar. mssembelajarkan berarti
usaha untuk membuat seseorang belajar. Dalam upaya pembelajaran terjadi
komunikasi antara pebelajar dengan guru, pembelajar atau pengajar. Proses ini
merupakan bagian proses komunikasi antar manusia (dalam hal ini adalah antara
pebelajar dan pembelajar).
Dari kedua definisi tersebut maka
dapat diartikan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima untuk
menyampaikan materi yang yang diajarkan serta sarana komunikasi dari guru
kepada siswa sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat
yang menjurus kearah terjadinya proses belajar dengan tujuan untuk mencapai
tujuan pembelajaran.
KLASIFIKASI
MEDIA PEMBELAJARAN
Banyak sekali
jenis media yang sudah dikenal dan digunakan dalam penyampaian informasi dan
pesan – pesan pembelajaran. Setiap jenis atau bagian dapat pula dikelompokkan
sesuai dengan karakteristik dan sifat – sifat media tersebut. Sampai saat ini
belum ada kesepakatan yang baku dalam mengelompokkan media. Jadi banyak tenaga
ahli mengelompokkan atau membuat klasifikasi media akan tergantung dari sudut mana
mereka memandang dan menilai media tersebut.
a. Klasifikasi media
pembelajaran, antara lain menurut Arif, dkk (1986), Gerlach, dkk (1980),
Raharjo (1984), dan Wittich dan Schuller (1979).
1) Media Grafis
·
Merupakan media visul
·
Difokuskan pada indera penglihatan
·
Menyajikan symbol-simbol komunikasi visual
·
Fungsi (umum): menyalurkan pesan
·
Fungsi (khusus) :
o
Menarik perhatian
o
Memperjelas sajian ide
o
Mengilustrasikan atau menghiasi fakta (agar tak terabaikan
atau terlupakan)
2) Media Audio
·
Difokuskan pada indera pendengaran
·
Fungsi (umum): menyajikan pesan
·
Pesan disajikan dalam bentuk simbol-simbol auditif, verbal
ataupun non verbal.
3) Media Proyeksi Diam
·
Merupakan media visual
·
Difokuskan pada indera penglihatan
·
Fungsi (umum): menyajikan pesan
·
Pesan disajikan dalam bentuk simbol-simbol visual (dan
auditif),atau dapat serupa bahan-bahan grafis
·
Media ini harus diproyeksikan dengan peralatan (proyektor)
4) Media Proyeksi Bergerak
·
Merupakan media visual (audio-visual)
·
Difokuskan pada indera penglihatan (penglihatan-pendengaran)
·
Fungsi (umum): menyajikan pesan
·
Pesan disajikan dalam bentuk simbol-komunikasi visual (dan
audio)
·
Media ini harus diproyeksikan
5) Media Tiga Dimensi: Benda,
Model, dan Demonstrasi
6) Permainan, Simulasi, dan
Dramatisasi Informal
b.
Menurut Bretz dan Briggs (dalam Darmojo,1991:24) mengemukakan bahwa klasifikasi
media digolongkan menjadi 4 kelompok yaitu:
1). Audio Visual
Media
audio berfungsi untuk menyalurkan pesan audio dari sumber pesan ke penerima
pesan. Media audio berkaitan erat dengan indra pendengaran.contoh media yang
dapat dikelompokkan dalam media audio diantaranya: radio, tape recorder,
telepon,laboratorium, bahasa dll.
2). Media
Visual
Media
visual yaitu media yang mengandalkan indra penglihat. Media visual menjadi dua
yaitu :
a) Media
visual diam
Contohnya: foto,
ilustrasi, flashcard, gambar pilihan dan potongan gambar, film bingkai, film
rangkai,OHP, hrafik, bagan, diagram, poster, peta dll.
b) Media
visual gerak
Contohnya:
gambar-gambar proyeksi bergerak seperti film bisu dan sebagainya.
3). Media Audio Visual
Media Audio Visual merupakan media yang mampu
menampilkan suara dan gambar. Ditinjau dari karakteristiknya media audio visual
dibedakan menjadi 2 yaitu:
a). Media audio visual diam
Contohnya: TV diam, film rangkai bersuara, halaman bersuara dan buku
bersuara.
b). Media audio visual gerak
Contohnya: film TV, TV, film bersuara.
4). Media Serbaneka
Media serbaneka adalah suatu media yang disesuaikan
dengan potensi di suatu daerah, di sekitar sekolah atau di lokasi lain atau di
masyarakat yang dapat dimanfaatkan sebagai media pengajaran. Contohnya: papan
tulis, media tiga dimensi, realita dan sumber belajar pada masyarakat.
c.Secara umum
klasifikasi media pembelajaran digolongkan menjadi 3 unsur pokok yaitu suara,
visual dan gerak. Dari tiga unsure pokok tersebut terbagi lagi menjadi 9
kelompok yaitu:
- Media Audio (Siaran Radio)
- Media Cetak (Modul, Buku)
- Media Visual Diam (OHT)
- Media Visual Gerak (Film Bisu )
- Media Audio-Visual (TV,VCD)
- Media Objek Fisik (Benda nyata)
- Manusia dan Lingkungan (Guru, Pustakawan, Laboran)
- Komputer
- Internet
CONTOH
MEDIA PEMBELAJARAN
a. Kaset Audio
Merupakan media auditif yang mengajarkan
topik-topik pembelajaran yang bersifat verbal seperti pengucapan (pronounciation) bahasa asing. Untuk
pengajaran bahasa asing media ini
tergolong tepat karena bila secara
langsung diberikan tanpa media, sering terjadi ketidaktepatan yang akurat dalam
pengucapan, pengulangan dan sebagainya.
b. Gambar
atau Foto
Gambar
atau foto berfungsi untuk menyampaikan pesan melalui gambar yang menyangkut
indra penglihatan. Selain itu, media ini juga bertujuan untuk menarik
perhatian, memperjelas materi, mengilustrasikan fakta atau informasi.
c.
Bagan
Merupakan
media yang berfungsi untuk menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit dan
digunakan untuk memperagakan pokok-pokok isi bagian secara jelas dan sederhana.
d.
Grafik
Merupakan media sederhana yang dipakai
untuk membandingkan perbedaan jumlah dari data pada saat yang berbeda-beda.
PENGERTIAN
ALAT PERAGA
Alat peraga merupakan alat yang
digunakan untuk membntu proses belajar mengajar yang berperan sebagai pendukung
kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Penggunaan alat peraga
bertujuan untuk memberikan wujud riil terhadap bahan yang dibicarakan dalam
materi pembelajaran. Alat peraga yang digunakan dalam proses be;lajar mengajar
dalam garis besarnya memiliki faedah menambahkan kegiatan belajar siswa,
menghemat waktu belajar, memberikan alasan yang wajar untuk belajar karena
membangkitkan minat perhatian dan aktivitas siswa.
Menurut
Nasution (1985: 100) “alat peraga adalah alat pembantu dalam mengajar agar
efektif”. Pendapat lain dari pengertian alat peraga atau Audio-Visual Aids
(AVA) adalah media yang pengajarannya berhubungan dengan indera pendengaran
(Suhardi, 1978: 11). Sejalan dengan itu Sumadi (1972: 4) mengemukakan bahwa
alat peraga atau AVA adalah alat untuk memberikan pelajaran atau yang dapat
diamati melalui panca indera.
Secara
umum alat peraga adalah saluran komunikasi atau perantara yang digunakan untuk
membawa atau menyampaikan suatu pesan guna mencapai tujuan pengajaran . Alat
peraga merupakan alat bantu atau penunjang yang digunakan oleh guru untuk
menunjang proses belajar mengajar.
CONTOH ALAT PERAGA
Pada
garis besarnya, hanya ada 2 macam alat bantu pendidikan (alat peraga) yaitu:
1.
Alat Bantu Lihat
(Visual Aids)
Alat ini
berguna didalam membantu menstimulasi indera mata (penglihatan) pada waktu
terjadinya proses pendidikan. Alat ini ada 2 bentuk :
a. Alat yang
diproyeksikan, misalnya slide, film, film strip, dan sebagainya.
b. Alat-alat
yang tidak diproyeksikan :
- 2 dimensi,
gambar, peta, bagan, dan sebagainya.
- 3 dimensi
misal bola dunia, boneka, dan sebagainya.
2. Alat-Alat Bantu Dengar (Audio Aids)
Ialah alat
yang dapat membantu menstimulasi indera pendengar pada waktu proses penyampaian
bahan pendidikan / pengajaran. Misalnya piringan hitam, radio, pita suara, dan
sebagainya.
a. Alat Bantu Lihat-Dengar
Seperti televisi
dan video cassette. Alat-alat bantu pendidikan ini lebih dikenal dengan Audio
Visual Aids (AVA).
Disamping
pembagian tersebut, alat peraga juga dapat dibedakan menjadi 2 macam menurut
pembuatannya dan penggunaannya yaitu:
1. Alat peraga yang complicated (rumit), seperti
film, film strip slide dan sebagainya
yang
memerlukan listrik dan proyektor
2. Alat peraga yang
sederhana, yang mudah dibuat sendiri dengan bahan-bahan setempat yang mudah
diperoleh, seperti bambu, karton, kaleng bekas, kertas koran, dan sebagainya.
Beberapa contoh alat peraga yang sederhana yang dapat dipergunakan di berbagai
tempat, misalnya :
a. Di rumah tangga seperti leaflet, model buku bergambar,
benda-benda yang nyata seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan sebagainya.
b.
Di kantor-kantor dan sekolah-sekolah, seperti papan
tulis, flipchart, poster, leaflet, buku cerita bergambar, kotak gambar gulung,
boneka dan sebagainya.
c. Di masyarakat umum, misalnya poster, spanduk,
leaflet, fanel graph, boneka wayang, dan sebagainya.
SUMBER
REFERENSI
Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2011. Media
Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Murdanu. 2004. Hand-out Pengembengan Media Pembelajaran Matematika. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Hand-out%20PengmbMediaPbljrMat.doc.
Mahanani, A
Fauzan. 2012. Pengertian Media Pembelajaran. http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/pengertian-media-pembelajaran.html
. 30 April 2012
Ian. 2010. Perbedaan
Media dan Alat Peraga. http://ian43.wordpress.com/2010/11/03/perbedaan-media-dan-alat-peraga/#more-754. 3 November 2010 .
Safihu, La Ode .Pentingnya pemanfaatan Media dalam
Pembelajaran. http://images.lpmpmaluku1.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/Sfk0mwoKCB4AABbSlsU1/PERAN%20MEDIA%20DALAM%20PEMBELAJARAN.doc?key=lpmpmaluku1:journal:4&nmid=237381129.
Sukses, Penulis.
2012. Fungsi Alat Peraga dalam Pendidikan. http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2256721-fungsi-alat-peraga-dalam-pendidikan/. 31 Januari 2012.
Mudah-mudahan tulisan anda bermanfaat untuk orang lain, amiin.
BalasHapusHanya sekedar saran saja. Akan lebih jelas lagi jika persamaan dan perbedaannya disajikan dalam bentuk tabel persamaan dan tabel perbedaan. :)
BalasHapusMeski tidakpun sudah cukup membantu. Terima kasih banyak...
Matur nuwun...
BalasHapusok bermanfaat mba
BalasHapus